Les Privat Creya Edu

5 Cara Belajar Yang Menyenangkan Dan Anti Boring

Cara Belajar Yang Menyenangkan

5 Cara Belajar Yang Menyenangkan Dan Anti Boring – Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan oleh semua orang. Mulai dari anak – anak, remaja, hingga orang dewasa. Perbedaannya, pada anak – anak dan remaja, proses belajar biasanya sangat berhubungan dengan sekolah atau kampus. Sedangkan pada orang dewasa, aktivitas ini seringnya berkaitan dengan pekerjaan. Tapi pada intinya, semuanya sama – sama belajar.

Percaya atau tidak, banyak orang yang tidak menikmati waktu belajarnya. Salah satu penyebabnya karena mereka belum menemukan cara belajar yang menyenangkan. Kalau kamu termasuk salah satunya, baca artikel berikut ini sampai tuntas. Karena di sini kami akan menjelaskan tentang cara belajar yang menyenangkan dan tentunya efektif!

 

5 Cara Belajar Yang Menyenangkan Dan Efektif

1. Belajar Di Waktu Yang Tepat

Cara pertama adalah belajar di waktu yang tepat, yakni waktu dimana otak lebih mudah menerima pelajaran. Benar, setiap orang mungkin memiliki waktu belajar yang berbeda – beda. Bisa pagi, siang, sore, malam, atau dini hari. Tergantung kebiasannya masing – masing. Tapi secara umum, belajar di waktu yang tepat akan jauh lebih efektif ketimbang waktu lainnya.

Lantas, kapan waktu yang paling tepat untuk belajar?

PSB Academy, yang merupakan lembaga pendidikan swasta di Singapura, membuat artikel menarik tentang hal ini.

Menurut hasil riset mereka, sains telah membuktikan bahwa waktu paling efektif untuk belajar adalah:

1. Jam 10 Pagi – 12 Siang.
2. Jam 4 Sore – 10 Malam.

Alasannya:

Pada kedua rentang waktu di atas, kondisi otak sedang berada dalam acquisition mode.

Jadi mulai sekarang, kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu sebaiknya membuat jadwal belajar di kedua rentang waktu tersebut.

Artikel Terkait :  Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

 

| Baca Juga : 

Discovery Learning, Metode Belajar Yang Mengasah Kreativitas Siswa

 

2. Belajar Di Tempat Yang Tepat

Selain waktu, tempat juga memiliki peran yang sangat krusial terhadap efektivitas belajar. Kalau kamu belajar di tempat yang kondusif, aktivitas belajarmu akan jauh lebih efektif. Begitu juga sebaliknya. Ringkasnya, tempat belajar berbanding lurus terhadap efektivitas belajar.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait tempat belajar adalah:

  • Lokasi.
  • Ventilasi.
  • Pencahayaan.
  • Suhu ruangan.
  • Kondisi di sekitar.

Pastikan semuanya dalam keadaan baik, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam belajar.

Tips:

Kamu sebaiknya belajar di tempat Bimbingan Les Privat seperti Les Privat Calistung di Creya. Karena di sini kamu bisa belajar dengan nyaman. Tapi kalau belum memungkinkan, kamu bisa menggunakan kamar pribadi, perpustakaan, atau ruangan kelas ketika kondisinya tidak terlalu ramai.

 

| Baca Juga : 

Cara Menghafal Lebih Cepat Dan Efektif

 

3. Menggunakan Teknik Podomoro

Cara berikutnya adalah menggunakan teknik podomoro, yakni teknik menjaga fokus belajar dengan menerapkan interval selang waktu. Teknik ini diperkenalkan oleh Fransisco Cirillo pada akhir tahun 1980.

Contoh Penerapan:

Dalam 1 hari, kamu menggunakan 4 sesi untuk belajar, dimana 1 sesi terdiri dari 30 menit belajar dan 10 menit istirahat.

Tujuan menggunakan teknik ini agar kamu tetap fresh dan fokus dalam belajar, karena tidak terlalu memaksakan diri.

Tips:

Kamu bisa menerapkan teknik podomoro dengan durasi belajar dan istirahat berdasarkan kebutuhan masing – masing. Mulai dari 30 + 10, 40 + 10, hingga 60 + 10. Ketika istirahat, kamu bisa membuat teh, memakan camilan, atau bermain dengan kucing peliharaan.

 

| Baca Juga : 

8 Cara Mengenali Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Baik

 

Artikel Terkait :  3 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Anak

4. Belajar Bersama Teman

Ada beberapa orang yang lebih fokus belajar ketika ia sedang sendirian. Tapi ada juga yang justru merasa bosan. Kalau kamu termasuk tipe nomor dua, kamu bisa mengajak beberapa temanmu untuk belajar bersama.

Tips:

1. Kamu sebaiknya tidak mengajak terlalu banyak teman, agar kalian bisa sama – sama fokus dalam belajar.
2. Kalaupun harus mengajak banyak teman, pastikan semuanya memiliki tujuan utama untuk belajar. Bukan malah bermain.
3. Kamu dan teman – temanmu bisa menggunakan perpustakaan sebagai tempat belajar. Atau bisa juga menggunakan rumah salah satu teman. Dengan catatan rumahnya memang kondusif untuk belajar.

Dengan menerapkan 3 tips di atas, aktivitas belajarmu akan lebih menyenangkan. Dan yang terpenting hasilnya akan lebih optimal.

 

| Baca Juga : 

Rekomendasi Buku Untuk Anak TK & SD

 

5. Belajar Berdasarkan Gaya Masing – Masing

Cara terakhir adalah belajar dengan menggunakan gaya masing – masing. Karena setiap orang pastinya memiliki keunikan tersendiri.

Berikut ini merupakan 4 gaya belajar secara umum.

1 – Visual

Gaya belajar ini lebih fokus pada penglihatan. Orang – orang dengan tipe visual lebih suka belajar melalui gambar, tulisan, atau video.

2 – Auditori

Gaya belajar ini lebih fokus pada suara. Orang – orang dengan tipe auditori menyukai mendengarkan pelajaran ketimbang harus menulisnya.

3 – Kinestetik

Gaya belajar ini lebih fokus pada gerakan. Orang – orang dengan tipe kinestetik lebih memilih praktik langsung ketimbang membahas teori.

4 – Membaca/Menulis

Gaya belajar ini lebih fokus pada teks. Orang – orang dengan tipe ini lebih menyukai membaca dan menulis sebagai aktivitas belajar yang menyenangkan. Dari ke – 4 gaya belajar di atas, kamu bisa memilih gaya belajar yang paling cocok untukmu.

Artikel Terkait :  10 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Yang Wajib Diketahui

 

Penutup

Kamu harus memiliki target dari setiap aktivitas belajarmu. Setelah itu, kamu sebaiknya membuat skala prioritas, yakni mempelajari hal – hal yang terpenting terlebih dahulu. Karena setiap orang memiliki daya tangkap yang berbeda – beda terhadap beberapa pelajaran tertentu.

Terakhir, kamu harus membuat rangkuman hasil belajar. Tujuannya untuk mengetahui apakah cara belajarmu cukup produktif, atau malah sebaliknya.

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️