Les Privat Creya Edu

8 Cara Mudah Memahami Pelajaran Dengan Lebih Cepat

Cara Mudah Memahami Pelajaran

Cara Mudah Memahami Pelajaran Dengan Cepat Dan Efektif – Setiap orang biasanya memiliki kemampuan yang berbeda – beda dalam hal memahami pelajaran. Ada orang yang bisa langsung paham dalam hitungan jam. Tapi ada juga yang baru akan paham dalam hitungan hari, bahkan minggu. Kalau ditelaah lebih detail, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit memahami pelajaran. Mulai dari internal dirinya sendiri, lingkungan, hingga metode tenaga pengajar ketika menjelaskan suatu pelajaran.

Jadi kalau kamu termasuk orang yang sulit memahami pelajaran, jangan langsung menyalahkan diri sendiri. Karena bisa jadi penyebabnya bukan hanya di internal dirimu.

Di artikel kali ini, kami akan menjabarkan tentang cara mudah memahami pelajaran dengan lebih cepat dan efektif.

 

8 Cara Mudah Memahami Pelajaran: Lebih Cepat Dan Efektif!

1. Membuat Lingkungan Belajar Menjadi Kondusif

Cara pertama adalah membuat lingkungan belajar menjadi kondusif.

Contoh:

Kamu termasuk orang yang menyukai ketenangan dan kerapian.

Tapi ketika ingin belajar, kondisi di sekitarmu berisik dan ruangan belajarmu berantakan. Hal ini akan membuatmu kehilangan fokus sehingga sulit memahami pelajaran.

Solusinya:

Kamu harus mengupayakan agar kondisi di sekitarmu menjadi tenang dan rapi.

Kalau tidak memungkinkan, kamu bisa mencari tempat belajar yang sesuai dengan kriteriamu tersebut.

Terpenting, kamu harus belajar di tempat yang bisa membuatmu nyaman.

Baca Juga : 5 Cara Belajar Yang Menyenangkan Dan Anti Boring

 

Cara Mudah Memahami Pelajaran

2. Tidak Multitasking

Multitasking merupakan aktivitas mengerjakan dua hal atau lebih dalam waktu yang bersamaan.

Contoh:

Belajar sambil bermain smartphone.

Di zaman serba online seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki smartphone. Kemungkinan besar kamu juga memilikinya. Tidak ada yang salah dengan smartphone. Bahkan ia memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan aktivitas para penggunanya. Tapi kalau kamu belajar sambil bermain smartphone, kamu akan sangat sulit memahami pelajaran. Karena fokusmu terbagi dua.

Artikel Terkait :  Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini

 

Cara Mudah Memahami Pelajaran

3. Melakukaan Mapping

Ketika sedang belajar, kamu bisa melakukan pemetaan (mapping) di kertas polos seperti HVS. Dengan menggunakan mapping, kamu akan melihat gambaran umum dari hal – hal yang dipelajari, sehingga lebih mudah memahaminya.

Cara ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang lebih senang dengan gaya belajar melihat atau visual.

Tips:

Kamu sebaiknya meletakkan hasil pemetaanmu di tempat yang mudah terlihat, agar kamu bisa mengingatnya setiap saat.

 

4. Menulis Di Buku Catatan Kecil

Berikutnya, kamu juga bisa menulis hal – hal yang sedang kamu pelajari di buku catatan kecil. Melalui cara ini, kamu akan mengingat inti sari dari setiap pelajaran. Sama seperti cara ketiga, cara keempat ini juga merupakan pilihan (optional), karena lebih direkomendasikan untuk kamu yang menyukai gaya belajar menulis.

Tips:

Kamu sebaiknya menyimpan buku catatan di tempat yang mudah dijangkau, agar bisa membacanya setiap saat.

Baca Juga : Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Pakai Cara Ini

 

5. Memperbanyak Latihan

Kamu mungkin sudah pernah mendengar pepatah Practice Makes Perfect, yang artinya melakukan suatu hal sesering mungkin agar bisa menguasainya dengan baik.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu sedang mempelajari suatu pelajaran. Kamu harus bersedia meluangkan waktu ekstra agar bisa memahaminya. Salah satu caranya adalah banyak berlatih mengerjakan soal.

Tips:

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, kamu sebaiknya berlatih di waktu dan tempat yang kondusif. Seperti shubuh sebelum beraktivitas.

 

6. Mengulang Pelajaran Secara Rutin

Cara berikutnya adalah mengulang pelajaran tersebut secara rutin dan berkala. Kamu bisa melihat hasil pemetaan atau mapping (cara 3), membaca buku catatan kecil (cara 4), atau memperbanyak latihan (cara 5).

Artikel Terkait :  Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencari Penyedia Layanan Les Privat

Tips:

Kamu sebaiknya menulis daftar pelajaran yang ingin diulang selama satu Minggu, kemudian mengerucutkannya menjadi daftar per Hari.

Setelah itu, tentukan pelajaran yang paling penting untuk diulang, beserta deadline atau tenggat waktunya. Hal ini akan membuatmu memiliki skala prioritas, sehingga kamu dapat menentukan pelajaran mana yang harus segera dikuasai dan bisa ditunda sementara waktu.

Baca Juga : Cara Menghafal Lebih Cepat Dan Efektif

 

7. Sharing Session

Sesi berbagi atau sharing session juga merupakan cara yang cukup ampuh untuk memahami suatu pelajaran.

Sharing session adalah kegiatan berbagi dari orang yang (dianggap) kompeten kepada orang – orang di sekitarnya. Karena bisa jadi, ketika kamu tidak mengerti suatu pelajaran, kamu sungkan bertanya kepada guru atau dosen.

Nah, melalui sharing session, kamu akan lebih nyaman ketika bertanya kepada temanmu yang lebih paham. Kamu bisa mengadakan sharing session setiap akhir pekan. Baik itu di rumah salah satu teman atau di tempat lain yang kondusif untuk belajar.

 

8. Mengikuti Les Privat

Cara terakhir adalah mengikuti les private. Karena di sini kamu akan belajar lebih intensif. Sekedar informasi, bagi kamu yang sedang mencari tempat les privat berkualitas, kamu bisa mengikuti Les Privat Calistung hingga Mahasiswa di Creya Edu.

Creya Edu menggunakan konsep pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah – sekolah di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa memilih metode belajar berdasarkan kebutuhanmu. Apakah itu online atau offline.

Baca Juga :Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencari Penyedia Layanan Les Privat

 

Penutup

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda – beda. Ketika seseorang mudah memahami pelajaran dengan menggunakan cara A, cara tersebut belum tentu cocok untukmu.

Artikel Terkait :  8 Cara Mengenali Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Maka dari itu, kamu harus bisa menentukan cara belajar yang paling cocok untukmu.

Pada intinya, sepanjang cara belajarmu bisa memberikan hasil yang memuaskan dan tidak mengganggu serta merugikan orang lain, lakukanlah!

 

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️