Les Privat Creya Edu

Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Pakai Cara Ini

Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Dengan Cara Ini

Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Dengan Cara Ini – Terkadang keterlambatan anak dalam menulis itu akan membuat para orang tua stres. Pada dasarnya kuncinya hanya satu, yaitu jangan bandingkan anak kita dengan orang lain, itu saja.  Misalkan kita melihat si A sudah bisa menulis, hingga kita mendesak bahkan sampai marah-marah dengan si anak, si anak pun akan menjadi malas dan merasakan rasa kebencian saat belajar.

Jadi kita mau membahas sedikit dulu tentang menulis, menulis itu sama halnya dengan motorik halus yang adalah gerak seorang anak, yang mana ketika kita mengajarnya menulis atau bahkan dalam lingkup sekolah itu mungkin si anak tipe yang mau dapat perhatian secara khusus, tapi kan kalau di sekolahan kita dalam bentuk universal yang mana memang mungkin ia butuh waktu yang lebih lama ketimbang temannya.

Faktor motorik itu terpengaruh oleh pertama faktor motorik, kemudian selanjutnya dengan yang kedua yaitu faktor ingatan. Nah, ingatan disini dalam artian ketika anak diajari menulis huruf A kemudian anak itu agak bingung A itu yang mana disitulah kita harus selalu mengulang gimana sih caranya biar ingatannya kuat, jadi kita harus sering mengulang itu berlaku untuk siapapun.

Anak yang diajari berulang-ulang kali tetapi belum paham. Bisa jadi ingatannya itu sebenarnya lebih kuat dibanding dengan orang yang diajari dua kali lebih cepat.

Agar bisa sama-sama kuat yaitu dengan rajin mengulanginya, sesuatu hal ketika kita mengulangnya terus-menerus itu akan menjadi sebuah ikatan yang kuat karena ketika kita mengajari anak hanya sekali-dua kali itu ternyata anaknya sudah bisa jangan bunda menganggap karena anak sudah bisa kemudian kita tidak mau mengulang lagi.

Artikel Terkait :  10 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Yang Wajib Diketahui

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Yang Wajib Diketahui

Setelah ingatan kita sudah cukup kuat kemudian di sini ada kemampuan memahami instruksi, manakala kita mengajari huruf A huruf B huruf C, itu kita menggunakan instruksi yang sama.

Kita gunakan misalkan nada suara yang sama huruf A, cara mengajari anak menulis dan intonasi nada atau frekuensi nada nya kita usahakan yang sama Jadi anak itu akan ingat, jadi itu juga akan memicu instruksi yang selalu bersamaan atau instruksi yang sama pada tempat yang berbeda.

Motorik ingatan atau instruksi kita bisa evaluasi tiga itu dulu kemudian ketika ada keluhan anak memegang pensilnya belum betul, kita mulai mengajarkan anak memegang pensil ketika anak sudah bagus motorik halusnya sudah berjalan. Misalkan, di anak usia 2 tahun itu dalam pengawasan orangtua.

Baca Juga : 5 Kesalahan Orang Tua Ketika Mendidik Anak

Cara Melatih Motorik Anak

Pertama kita siapkan beras dan kertas. Kita latih dulu motorik halus dengan berasnya. Jadi ini fungsinya sama untuk melemaskan jari-jari si anak itu dengan beras, dan beras ini ketika kita mengajak si anak bermain bernyanyi sambil meremas-remas. Sesudah itu tangan si anak pun akan bisa sedikit lebih lemas, jadi tidak kaku ketika memegang pensil. Jangan hanya sekali-dua kali, Anda dapat melakukannya maksimal dua kali dalam setiap hari sampai tangan anak meremas ketika megang pensil atau pulpen.

Latihan motorik dapat dilakukan saat pagi dan sore hari. Contohnya seperti :

1. Memeras Beras Misalkan bunda sedang mau masak nasi. Ajak lah si anak untuk meremas-remas beras atau kita ambil secukupnya saja dalam wadah. Itu untuk melatih motorik halus si anak.

Artikel Terkait :  Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini

2. Kedua ada pensil, yang mana pensil ini fungsinya memang untuk selalu anak pegang untuk melatih menulis. Jadi memang harus sering-sering ketika anak belum bisa untuk menulis gitu kita support dengan intruksi tadi.

3. Ketiga adalah kertas, kita bisa memakai kertas apa saja, yang penting tidak terlalu tebal atau tidak terlalu tipis. Ajak si anak untuk meremas-remas kertas  ini juga untuk kita meremas dengan kuat untuk melemaskan otot jari-jarinya.

Baca Juga : Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

Jika ayah dan bunda sedang mencari pengajar privat calistung untuk anak yang dapat membantu perkembangan motorik sang anak. Creya Edu menyediakan jasa layanan Les Privat Calistung untuk anak usia balita hingga ketika sudah memasuki sekolah Tunggu apalagi? Daftar sekarang >> Les Privat Calistung.

Atau untuk info lebih lanjut, Whatsapp : 0878 8216 4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️