Les Privat Creya Edu

Apakah Anak Usia Dini Boleh Belajar Calistung? Yuk Ketahui Dulu Konsepnya

Apakah Anak Usia Dini Boleh Belajar Calistung?

Apakah Anak Usia Dini Boleh Belajar Calistung? Yuk Ketahui Dulu Konsepnya – Halo teman-teman ayah dan bunda. Kali ini kita mau membahas tentang konsep dasar berhitung untuk anak pada usia dini. Bahkan sampai sekarang masih lumayan banyak pro dan kontra mengenai ‘apakah sudah boleh mengajarkan anak usia sebelum 7 tahun materi calistung?’ sebagian kecil pendapat mengatakan sebaiknya jangan dan tidak boleh sementara sebagian besar lainnya mengatakan hal yang sebaliknya. Jika kita lihat dari sisi perkembangan sang anak, mungkin memang belum saatnya untuk diberikan pelajaran calistung. Perkembangannya juga masih terfokus pada perkembangan saraf motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar. Tetapi pada sisi lain banyak juga orang tua yang masih merasa khawatir bila anak mereka belum bisa calistung. Anak tentunya akan mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran ketika SD. Begitu sebagian besar orang tua berpendapat.

Lalu apa sih yang harus kita lakukan jika kita mau mengajari anak berhitung? Maka dari itu harus orang tua ajarkan dengan cara yang menyenangkan dan tidak boleh ada paksaan karena kalau ada paksaan yang kita takutkan adalah nanti anak malah enggan belajar. Maka dari itu kita harus bisa menyiasatinya dengan cara memakai permainan untuk anak-anak yang anak sukai seperti itu.

Nah selanjutnya bagaimana sih tahapan-tahapannya supaya anak kita dapat mengenal konsep belajar dalam berhitung dengan menyenangkan, ada apa aja sih?

| Baca Juga :

Tips Menghadapi Anak Kinestetik

Mengenalkan Angka

Yang pertama-tama yang harus orang tua ajarkan kepada anaknya adalah dengan mengenalkan sebuah dasar-dasar angka. Sudah sangat jelas bahwa sebelum anak paham tambahan atau kekurangan anak-anak harus tahu dulu konsep mengenal angka baik secara lisan maupun secara tulisan.

Artikel Terkait :  Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini

Mengurutkan Angka

Jika kemampuan memori pada anak sudah cukup bagus, ia akan mampu mengurutkan angka, baik dengan ucapan atau lisan maupun tulisan contohnya anak bisa berhitung dari 1-5 tanpa ada yang terlewat misalnya 1, 2, 3, 4 dan seterusnya begitu.

Konsep Angka

Nah maksudnya adalah setelah anak tahu dan bisa membedakan antara satu dengan 5 selanjutnya anak harus paham konsep korespondensi satu persatu misalnya kita menyimpan buah mangga pada meja sebanyak lima buah kemudian kita mengajarkan anak untuk tolong ambilkan buah mangga satu ya, nah apakah anak benar akan mengambilkannya sebanyak satu atau bisa lebih dari satu nah jadi itu adalah yang biasa kita kenal dengan mengenal konsep angka.

| Baca Juga : 

Dampak Terlalu Sering Memarahi Anak

Mengenal Sebuah Konsep Lebih Banyak Dan Lebih Sedikit

Maksudnya disini adalah anak perlu tahu dan harus bisa membedakan antara gambar atau jumlah mangga misalnya yang banyak dan yang sedikit misalnya kita menyimpan sejumlah mangga di meja indie meja yang ini sebanyak lima buah kemudian kita juga menyimpan 6 mangga di meja juna yang sebelahnya, nah di situ kita ajarkan mana yang lebih banyak di meja mana yang lebih sedikit nah seperti itulah yang dimaksud dengan mengenal sebuah konsep lebih banyak dan lebih sedikit.

Operasi perhitungan sederhana

Nah disini adalah misalnya kita mengenalkan mengajarkan tambahan tetapi dalam mengajarkan tambahan itu dengan memakai benda terlebih dahulu. Misalnya kita mempunyai dua buah mangga kemudian ayah memberikannya lagi dua buah mangga jadi itu jumlahnya ada berapa. Nah jadi jangan langsung memakai menggunakan angka harus memakai dulu barang-barang atau benda-benda yang memudahkan nya untuk berpikir dan mungkin akan lebih menyenangkan buat anak.

| Baca Juga : 

Cara Mengajarkan Calistung Pada Anak

Jadi kesimpulannya Apakah Anak Usia Dini Boleh Belajar Calistung? Jawabannya tergantung kemampuan sang anak ya ayah dan bunda. Nah seperti itulah yang mungkin bisa kita sampaikan dalam pengenalan atau konsep belajar berhitung untuk anak usia di bawah 7 tahun atau usia dini. Jadi sekali lagi jika kita mau mengajarkan anak berhitung boleh tetapi jangan dipaksakan karena kalau dipaksakan nanti yang ada anak merasa tertekan dan justru pada akhirnya anak enggan belajar oke mungkin itulah tips untuk ayah dan bunda, sampai ketemu lagi di pembahasan saya yang selanjutnya semoga ini bermanfaat ya ayah dan bunda.

Artikel Terkait :  3 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Anak

Jika ayah dan bunda sedang mencari jasa les privat untuk perkembangan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Creya Edu menyediakan jasa layanan les privat calistung untuk buah hati anda. Dengan tutor atau guru pengajar yang professional. Tersedia bonus free starter kit dan juga promo diskon 10% untuk kelas online, berlaku untuk semua program!

Ayah dan bunda bisa mengunjungi website >> Creya Edu Les Privat Calistung

Atau hubungi admin via Whatsapp disini >> 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️