Les Privat Creya Edu

Belajar Baca, Berhitung dan Mengenal Benda Untuk Usia Dini

Belajar Baca Berhitung dan Mengenal Benda Untuk Usia Dini

Belajar Baca, Berhitung dan Mengenal Benda Untuk Usia Dini – Halo ayah bunda yang kreatif, kali ini kita akan memberikan inspirasi media pembelajaran untuk anak usia dini. Ini bisa ayah bunda gunakan untuk belajar mengenal huruf alfabet, huruf hijaiyah, mengenal angka, benda-benda, dan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi media pembelajaran untuk anak usia dini. Ayah dan bunda bisa simak artikel kami berikut ini ya.

1. Matching Capital Letters

Kira-kira kapan ya anak dapat belajar huruf kapital? Apakah perlu memulainya dengan belajar huruf kecil dahulu? Kita cari tau jawabannya yukk. Ternyata anak mulai mengenal huruf kapital setelah anak kaya akan pengetahuan huruf kecil, kata, kalimat sederhana, tulisan bacaan buku bergambar, dan lain-lain. Tidak perlu khawatir anak akan mudah mengikuti pola huruf kapital, setelah anak mengenal huruf kecil. Jadi kenalkan pertama pada anak huruf kecil ya. Nah setelah mulai menyusun huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, dari situ anak akan mulai mengerti penggunaan huruf kapital, yakni untuk mengawali huruf awal kata dalam susunan kalimat.

 

Baca Juga : 5 Kesalahan Orang Tua Ketika Mendidik Anak

 

2. Alfabet Move

Pernah mendengar Alfabet move? ini tentu untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak, yakni literasi baca dan tulis. Alfabet move ini bisa dimainkan dengan sekreatif mungkin yang dibuat oleh guru ataupun orangtua dalam aktivitas belajar untuk anak.

3. Mengelompokkan Huruf Awal Buah

Mengelompokkan huruf awal merupakan salah satu tujuan untuk mengidentifikasi bunyi huruf untuk prasyarat membaca awal dan mengenakan simbol huruf. Ini mudah sekali dibuatnya hanya memerlukan sendok plastik yang telah ditempel huruf a sampai z, lalu jepitan rambut kecil yang telah ditempel ragam gambar buah.

Artikel Terkait :  8 Cara Mengenali Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Baik

4. Belajar Mengenal Mata Uang

Ini bertujuan untuk mencocokkan nominal uang sekaligus mengenalkan manfaat dari uang sebagai alat transaksi jual-beli. Kalau kata ayah bunda ini kegiatan paling menyenangkan lohh, karena ini berkaitan dengan uang. Belajar asyik kali ini kalian cukup menyediakan uang mainan, kemasan produk, lalu kalian cocokan dehh pasti seruu dehh.

5. Mengenal Huruf dan Menentukan Gambar

Ini juga merupakan kegiatan yang asyik juga lohh, ayah bunda hanya cukup menyediakan gambar dan jepitan jemuran baju. Contohnya ketika ada kosakata tentang sapi lalu kalian cocokkan gambarnya terus kalian tinggal jepit deh dimana gambar yang merupakan sapi.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Malas Belajar, 5 Cara Ini Dijamin Manjur!

 

6. Berhitung dan Bermain Angka

Kegiatan ini untuk menstimulasi kemampuan mengenal angka 1-10, menyebutkan bilangan angka 1-10, membedakan lambang, simbol, tulisan, Angka 1-10, Mengenal berbagai makanan ringan favorit, serta kemampuan otot halus untuk membuka jepitan dan menjepit.

7. Mengenal Huruf Hijaiyah

Belajar Huruf Hijaiyah ini juga tak kalah menarik loh, ayah bunda hanya perlu membuat huruf-huruf hijaiyah dan kardus yang sudah digaris kotak-kotak sebagai penempatannya, lalu anak dapat beraktivitas bermain mencocokan huruf-huruf tersebut dengan garis kotak yang sudah ditentukan.

8. Mengenal Warna

Ayah bunda cukup menyediakan gelas plastik, stick, dan kertas. Lalu gambarlah kertas tersebut dengan warna yang berbeda, kemudian tempelkan kertas-kertas tersebut dengan stick dan juga gelas. Setelah itu kalian bisa acak dan mintalah anak untuk mengelompokkannya mana yang warna pink, hijau, biru, kuning, dan lain-lain.

Nah itulah tadi beberapa inspirasi media pembelajaran untuk anak usia dini semoga anak ayah bunda dapat belajar baca, berhitung, dan mengenal benda dengan mudah yaa. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Artikel Terkait :  Apa Itu Matematika? Apa Gunanya di Hidup Kita?

 

Baca Juga : Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Pakai Cara Ini

 

Jikalau ayah dan bunda tidak memiliki cukup waktu untuk mengajarkan anak di rumah, dan membutuhkan pengajar untuk anak anda yang masih butuh pendampingan, Creya Edu bisa loh menyediakan pengajar professional untuk anak anda, tentunya dengan spesifikasi yang anak dan ayah bunda butuhkan. Yuk daftar Les Privat Calistung di Creya Edu.

Ada bonus starter kit dan juga potongan harga untuk kelas online loh! Kalian bisa mengunjungi website www.creya.co.id atau hubungi whatsapp 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️