Les Privat Creya Edu

Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini

Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini

Cara Jitu Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini. – Ada yang mengatakan cerdas itu pintar Matematika, ada yang mengatakan cerdas itu pintar bahasa Inggris, ada yang mengatakan cerdas itu Cumlaude. Semua itu tergantung dari cara kalian menilai, cerdas itu maknanya bermacam-macam setiap orang memaknai cerdas itu sesuai dengan konteks hidupnya masing-masing, sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang mereka pernah lewati. Tapi yang pasti semua orang itu cerdas dan kita tidak boleh membandingkan dan mengukur kecerdasan satu individu dengan individu lain. Dan tahukah kalian ternyata dari kebiasaan dan cara mendidik anak kalian juga bisa mempengaruhi kecerdasan sang anak. Dan apa saja kesalahan kita dalam mendidik? Artikel kali ini akan membagikan tips bagaimana caranya supaya kita bisa mempunyai anak yang cerdas sejak dini.

Berikut pembahasan lebih jelasnya.

 

1. Ciptakan Lingkungan Yang Menantang

Banyak sekali orang tua jaman sekarang itu tidak mau anaknya susah, dia ingin anaknya itu selalu dalam keadaan yang aman, nyaman, selalu dimudahkan. Walaupun oke tidak masalah. Tapi ketika kalian terlalu berlebihan dalam memperlakukan anak kalian seperti itu pada akhirnya nanti anak kalian akan Manja. Akan menjadi malas untuk berfikir karna buat apa sang anak berfikir karena semuanya mudahan semuanya sudah dia dapatkan, semua fasilitas bisa dia raih dengan sangat mudah karena orang tuanya.

Ketika kalian mempunyai anak yang cerdas, kalian harus ciptakan lingkungan yang menantang, buat anak itu merasa bahwa dia mempunyai kemampuan, buat sang anak merasa bahwa ‘Saya ini berguna, Saya ini dibutuhkan’ Jadi ajak dia beraktifitas, ajak dia berkegiatan, dimana kemampuannya itu bisa terlihat supaya dia merasa bahwa dia itu dibutuhkan, dia punya manfaat, dia punya potensi.

Baca Juga : Cara Berkomunikasi Untuk Mendisiplinkan Anak

 2. Tingkatkan Kemampuan Belajar Sang Anak

Jadi yang namanya kecerdasan itu dia tidak tetap, kecerdasan itu bisa ditingkatkan dan bisa dikembangkan. Dulu sewaktu SMA saya pernah ikut tes IQ dan IQ saya itu ada diangka sekitar 110 dan itu tergolong normal. Ketika saya ingin meningkatkan kecerdasan intelektual saya maka saya bisa bisa melakukannya. Syaratnya apa? Syaratnya adalah punya kemauan. Caranya anak kita mempunyai kemauan bisa lakukan lagi di tips yang pertama, ciptakan lingkungan yang mendukung untuk anak-anak kalian, ciptakan lingkungan yang menantang, ajak dia belajar, ajak dia berfikir.

Artikel Terkait :  Cara Mengajarkan Berhitung Penjumlahan ke Anak Dengan Metode yang Lebih Efektif dan Menyenangkan

 

 3. Menambah Pengalaman Anak

Ajak anak kalian untuk seiring-sering beraktifitas diluar rumah, ajak anak kalian untuk sering-sering mempraktikkan teori, mempraktikkann ilmu. Jangan anggap bahwa anak-anak yang sekolah dari pagi sampai sore hari kemudian dia mengikuti kursus dan malam hari masih harus belajar mengerjakan PR dan mempersiapkan materi pelajaran untuk esok hari. Jangan berfikir artinya itu bahwa ‘Anak saya itu sudah pintar’ tidak seperti itu, sekolah itu hanya mengajarkan teori sama kita selama ini, sekolah itu hanya mengajarkan gimana caranya menghafal, gimana caranya mengulang informasi, dan praktik itu jarang sekali dilakukan.

Supaya anak kita cerdas dia harus lebih sering praktik daripada belajar teori. Jadi belajar teori itu penting, membaca buku itu penting, tapi sifatnya itu hanya untuk menambah wawasan.

 

Baca Juga : Waspada! Ternyata Hal Ini Bisa Menghancurkan Hidup Anak

 

4. Perhatikan Diri Kalian Sendiri

Ketika kalian ingin mempunyai anak yang cerdas tetapi kalian pekerjaannya itu menonton sinetron setiap habis magrib sampai dengan tengah malam. Hobi kalian adalah tiduran, ngemil, daripada beraktifitas keluar dan mencari pengalaman, maka anak kalian pasti akan meniru kebiasaan kalian. Kalian harus ingat satu hal, ketika kalian ingin mempunyai anak yang cerdas, anak yang mempunyai moral baik, anak yang mempunyai bersemangat dan antusias belajar, kalian harus bersedia bersikap sesuai harapan kalian terhadap anak-anak kalian.

 

5. Perhatikan Gaya Hidup

Apa yang kalian makan, apa yang kalian minum, bagaimana cara kalian menghabiskan waktu kalian, apakah lebih sering berolah raga, atau lebih sering tiduran dan ngemil. Itu pasti memengaruhi kecerdasan kalian dan bagaimana kalian memanfaatkan otak kalian itu juga sangat memengaruhi kecerdasan pada anak kalian.

Artikel Terkait :  Cara Menulis Daftar Pustaka

Ketika kalian lebih sering menghafal, kalian jarang sekali mengevaluasi, menganalisis, berfikir, bahkan kalian pernah menggunakan otak kalian, itu pasti akan memengaruhi kecerdasan kalian. Jadi perhatikan gaya hidup kalian, perhatikan gaya hidup anak-anak kalian.

 

Baca Juga : 10 Kesalahan Pola Asuh Anak Yang Sering Dilakukan Orang Tua

 

Demikian beberapa tips dan kesalahan cara mendidik anak yang menghambat kecerdasan anak-anak. Biasanya anak akan mempunyai keturunan sifat dengan orang tuanya. Maka jika tidak di didik akan mempengaruhi kecerdasan, sifat, nakal, bandel, dan lain sebagainya. Dan pasti kita sebagai orang tua pasti ingin anaknya menjadi orang yang sukses pada masa depan dan tidak mau salah langkah dalam mendidik anak. Faktor-faktor ini biasanya yang membuat orang tua menyesal ketika anaknya sudah dewasa menjadi orang yang gagal karena di didik secara manja yang terlalu berlebihan, mereka akan menganggap hidup itu gampang di masa depan yang akan mendatang.

Jadi buat kalian para orang tua jangan salah mengambil langkah untuk anak-anak kalian. Jika anak-anak kalian ingin sukses pada masa depan kalian juga harus mendidik dengan baik.

Bagi kalian orang tua yang membutuhkan pengajar untuk anaknya. Tentunya pengajar profesional dan sesuai dengan keahlian yang anak butuhkan, Creya Edu bisa jadi solusi untuk Anda dan anak. Daftar sekarang dan dapatkan bonus FREE STARTER KIT dan DISKON 10% kelas online untuk semua program.

Daftar Sekarang dengan mengunjungi wesbite Creya Edu > Les Privat Calistung 

Atau hubungi nomor Whatsapp di 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️