Les Privat Creya Edu

Cara Mengajarkan Calistung Kepada Anak

Cara Mengajarkan Calistung Kepada Anak

Cara Mengajarkan Calistung Kepada Anak – Orang tua akan menjalankan beragam cara untuk mengoptimalkan pertumbuhan anaknya secara kognitif, sosial, emosional. Salah satunya adalah memberikan bekal buah hati berupa keterampilan dasar yang akan lebih mudah bagi mereka saat beranjak dewasa. Kemajuanprogres anak senantiasa menjadi kepedulian istimewa bagi setiap orang tua.

Kemampuan baca, tulis, dan hitung (calistung) yakni keterampilan dasar yang wajib dikuasai anak. Sebab, kemampuan seperti itu mesti dimiliki ketika anak sudah masuk sekolah. Tentu saja orang tua tentu galau saat anaknya kesulitan untuk menguasai keterampilan dasar Calistung. Sebab, pada artikel kali ini kita akan membicarakan bermacam-macam Tips yang bisa Anda pakai untuk mengajari calistung kepada anak kamu.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Calistung Pada Anak?

Saat anak mulai masuk sekolah dasar? Atau malah secepatnya sebelum masuk ke sekolah?

Orang tua umumnya pusing untuk menetapkan kapan waktu terbaik mengajarkan calistung kepada buah hati. Terus, tumbuh perkara tentang waktu. Seperti yang kita lihat bagaimana pentingnya mengajari calistung kepada anak, beserta manfaatnya untuk kepentingan perkembangan anak.

Contohnya dengan membawakan lagu abjad, belajar menghitung benda yang ada di sekitar, atau membiarkan anak mencoret garis-garis dengan pensil. Ketika anak mengerti dunia sekitarnya, pada saat itu secara tidak langsung kalian bisa mengajari calistung ke buah hati.

Beragam kegiatan yang dilakukan tanpa sadar dari orang tua dan anak, akan membantu mental buah hati untuk belajar calistung. Sejak dilahirkan dan sewaktu masa perkembangan, buah hati akan mempelajari bermacam hal. Jadi, dapat dibilang tidak ada usia tertentu terkait kapan Anda harus mengajarkan calistung pada anak.

Mengapa Penting Mengajarkan Calistung Ke Anak?

Baca dan tulis dapat bantu meningkatkan kreativitas anak, mengasah imajinasi, dan melatih keterampilan komunikasi verbal. Sementara menghitung dapat mengasah kemampuan numerik sehingga memungkinkan anak untuk berlatih memecahkan masalah yang mereka punya.

Artikel Terkait :  Cara Berkomunikasi Untuk Mendisiplinkan Anak

Meski sekolah menuntut anak menguasai keterampilan dasar calistung, wajib diingat bahwa calistung tidak cuma berfungsi untuk kegiatan belajar mengajar. Saat kegiatan sehari-hari, anak tak akan lepas dari kegiatan baca, tulis, dan hitung.

 

Baca juga: Perbedaan Kursus, Bimbel dan Les Privat

 

Dengan Cara Seperti Apa Mengajari Anak Tentang Calistung?

Mesti diingat, bahwa memaksakan buah hati untuk bisa membaca, menulis, dan menghitung sejak dini merupakan hal yang tidak baik bagi mental anak. Karena tidak ada usia ideal tentang kapan mesti mengajari anak tentang calistung.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengajari calistung secara efektif, tanpa membuat anak jadi stres.

1. Mengajari Anak Calistung Dengan Cerita

Anda bisa juga mengajarkan calistung ke buah hati lewat cerita. kamu dapat mengajari buah hati membaca dengan memberi anak buku cerita yang terdapat gambar di dalamnya, yang dimana ada kisah-kisah atraktif.

Kalau ingin belajar berhitung, sisipkanlah cara berhitung ketika kamu membawakan dongeng kepada anak.

Selain itu untuk mengajarkan anak menulis, kamu bisa coba melatih buah hati untuk menulis cerita perihal yang mereka suka.

2. Berikan Anak Permainan Yang Mendidik

Berbagai macam mainan dapat kamu coba untuk mengajari anak tentang calistung. Misalnya, menggunakan permainan puzzle kata, monopoli, permainan board game seperti ular tangga atau flash card.

Alih-alih memaksa anak menghafal angka dan huruf, cara yang lebih efektif untuk mengajarkan anak calistung yaitu memakai mainan. Pada dasarnya, anak-anak lebih menyukai main ketimbang belajar.

3. Mengajari Calistung Kepada Anak di Selang Kegiatan Harian 

Anda juga dapat mengajari anak calistung ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Contohnya, saat Anda berpergian dan menjumpai rambu-rambu di jalanan, Anda dapat mengajarkan warna apa yang ada di rambu tersebut. Anda bisa juga mengajarkan buah hati menulis dengan memberikan nama untuk barang yang mereka punya. Saat Anda dan anak sedang menaiki anak tangga, ajak buah hati untuk hitung anak tangga yang di lewati.

Artikel Terkait :  Cara Menghafal Lebih Cepat Dan Efektif

 

Baca Juga : Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

 

4. Ajarkan Calistung Lebih Dini

Anda dapat membantu anak caranya yaitu memberi tahu calistung dari kecil. Selain akan membuat lebih efisien, pengalaman mengajari anak calistung juga akan jauh lebih mengasyikan untuk Anda dan anak. Beberapa memulai pada umur 3-3,5 tahun.

5. Memakai Lagu Untuk Belajar 

Salah satu cara untuk mengajari calistung ke buah hati adalah denganmemakai lagu. Mengajarkan calistung pada anak memakai lagu bisa lebih mudah di pahami dan di mengerti. Sangat banyak lagu anak yang berisi tentang pengenalan huruf dan angka.

6. Kelola Ekspektasi Anda 

Tuntun anak untuk berproses sesuai dengan potensi dan gaya belajarnya. Selalu atur ekspektasi Anda. Maksudnya, jangan berekspektasi bahwa anak Anda bisa belajar selama berjam-jam, atau anak akan cepat mengerti dalam hanya 1-2 kali belajar.

7. Gunakan Bantuan Ahli 

Sangat banyak orang tua menghadapi kesulitan ketika mengajari anak calistung. Jika Anda ada di kondisi seperti itu, Anda bisa mencoba mencarikan jasa profesional sebagai tutor untuk mengajari anak calistung. Anak sering terkendala saat berkonsentrasi, karenanya aktivitas belajar bahkan dengan cara menyenangkan pun sulit untuk diterapkan.

Creya Edu menyediakan jasa layanan les privat, mulai dari Calistung, SD, SMP, SMA (SNBT), Berenang, Mengaji dan bebagai macam privat lainnya. Dengan tutor yang professional tentunya!

Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang!

>> LES PRIVAT CALISTUNG <<

Info lebih detail kunjungi » www.creya.co.id

Atau hubungi CS kami di 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️