Les Privat Creya Edu

Kecerdasan Majemuk Pada Buah Hati, Orang Tua Wajib Tahu!

Kecerdasan Majemuk Pada Buah Hati, Orang tua Wajib tahu!

Kecerdasan Majemuk Pada Buah Hati, Orang Tua Wajib Tahu! – Haii Para Ayah dan Bunda, pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan secara singkat tentang 8 kecerdasan ganda anak, yang biasa disebut juga dengan kecerdasan ganda. Kecerdasan ganda atau multiple intelligences merupakan teori yang menjelaskan bahwa minat dan bakat seorang anak dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Teori ini dikembangkan oleh Dr. Howard Gardner pada tahun 1983, Dr. Howard Gardner memulai teori ini untuk dapat membantu orang tua dan guru memahami bakat dan minat anak mereka serta untuk mendukung perkembangan psikologis anak mereka. Apa 8 kecerdasan kompleks anak Mari kita lihat ibu dan ayah.

 

1. Linguistik intelegensi (kecerdasan berbahasa)

Bisa disebut juga dengan kecerdasan linguistik. Anak dengan kecerdasan berbahasa biasanya mampu berbicara dengan lebih tepat dan cepat, menyukai buku cerita, senang bercerita, dan senang mendengarkan cerita. Mereka biasanya pandai berkomunikasi, cepat saat belajar mengeja, menulis serta membaca. Jika anak kita menunjukkan ciri-ciri kecerdasan berbahasa kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan memberikan anak pilihan buku cerita yang variatif, berikan flashcards huruf saat dia bermain, rutin membacakan buku cerita, dan melakukan dialog bersama.

 

2. Logical intelligence (kecerdasan logika-matematika)

Buah hati dengan kecerdasan logika-matematika ia menyenangi permainan puzzle, balok, dan lego. Ia juga dapat berpikir kritis dan logis, makanya disebut kecerdasan logika dan mempunyai kemampuan problem solving yang bagus. Biasanya anak-anak dengan kecerdasan ini mereka tertarik juga dengan ilmu pengetahuan dan juga sains, jika anak kita menunjukkan kecerdasan logika-matematika kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan memberikan permainan balok, lego, puzzle, atau yang berhubungan dengan angka. Bermain yang mengharuskannya berhitung atau mengukur atau mencari benda hilang, mengelompokkan benda, membandingkan benda, dan yang paling mereka sukai adalah melakukan percobaan sains sederhana. Kita juga dapat mengajak anak kita outing ke museum atau ketempat sains center.

Artikel Terkait :  Discovery Learning, Metode Belajar Yang Mengasah Kreativitas Siswa

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Malas Belajar, 5 Cara Ini Dijamin Manjur!

 

3. Spatial intelligence (kecerdasan spasial)

Buah hati dengan kecerdasan spatial atau biasa dikenal dengan kecerdasan visual mempunyai ciri utamanya adalah senang menggambar, mencorat-coret, dan berimajinasi. Mereka juga mempunyai memori yang kuat dengan melibatkan keahlian visualnya. Contohnya mereka akan ingat jika pernah mengunjungi tempat-tempat tertentu. Jika anak kita menunjukkan kecerdasan spasial kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan membiarkan ia eksplorasi menggambar dengan berbagai media yang ada di lingkungan sekitar kita, berikan juga anak buku bergambar dan ajak ia mengunjungi museum seni atau biarkan ia menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah gambar atau karya.

 

4. Body and movement intelligence (kecerdasan kinestetik)

Anak dengan kecerdasan kinestetik biasanya sangat menyukai olahraga dan kegiatan fisik yang membuatnya harus bergerak. Ia mempunyai kemampuan motorik, keseimbangan, kesigapan, dan kontrol gerak yang baik. Sehingga buah hati dengan kecerdasan kinestetik biasanya aktif bergerak dan cukup cekatan. Jika anak kita menunjukkan kecerdasan kinestetik kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan mengajaknya olahraga rutin, eksplorasi permainan outdoor, dan dapat juga mengajaknya ikut kegiatan menari atau beladiri untuk simulasi kebutuhan geraknya.

 

5. Musical intelligence (kecerdasan musik)

Sering orang mengenalnya juga dengan kecerdasan audio. Salah satu yg gampang terlihat anak menggunakan kecerdasan ini umumnya bahagia menyanyi, gampang mengingat melodi lagu, bahagia menggoyangkan badannya mengikuti ritme atau Irama waktu mendengarkan lagu, bahagia memukul benda disekitarnya & membentuk nada. Jika buah hati kita mau sedang kecerdasan audio kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan mendengarkan berbagai jenis aliran musik, mengajaknya mencoba memainkan berbagai alat musik, bernyanyi bersama, dan menonton pertunjukan musik.

Artikel Terkait :  5 Kelebihan Dan Kekurangan Belajar Daring Atau Online

 

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Yang Wajib Diketahui

 

6. Interpersonal intelligence (kecerdasan interpersonal)

Buah hati dengan kecerdasan interpersonal biasanya sangat baik dalam kemampuan bersosialisasi. Ia memiliki banyak teman dan memiliki rasa empati yang baik terhadap orang di sekitarnya, saat bermain ia cenderung menonjol dan senang memimpin temannya bermain. Jika anak kita menunjukkan kecerdasan interpersonal kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan sering mengajaknya keluar untuk bermain bersama kawan-kawannya atau mengajaknya bersenang-senang bersama keluarga besar.

 

7. Intrapersonal intelegensi (kecerdasan intrapersonal)

Buah hati dengan kecerdasan intrapersonal cenderung lebih nyaman bermain sendiri atau dalam kelompok kecil. Namun mereka memiliki kemampuan mengendalikan emosinya sehingga mereka mampu mengkomunikasikan perasaannya saat mereka senang sedih atau marah dengan baik. Mereka juga tahu apa yang mereka inginkan dan dapat mengkomunikasikan nya dengan percaya diri. Jika anak kita menunjukkan kecerdasan intrapersonal kita dapat stimulasi kecerdasannya dengan sering mengajaknya berdiskusi tentang perasaan dan pendapatnya, berikan ia ruang yang nyaman untuk melakukan hobinya.

 

8. Naturalist intelligence (kecerdasan naturalis)

Buah hati dengan kecerdasan naturalis senang eksplorasi alam, ia senang memperhatikan binatang dan tumbuhan di sekitarnya, dan juga ia memiliki kepedulian pada lingkungan dan makhluk hidup. Jika anak kita menunjukkan kecerdasan naturalis, kita bisa menstimulasi kecerdasannya dengan mengajaknya eksplorasi di alam bebas sambil mengajaknya berdiskusi bermakna, kita juga bisa memberikannya binatang peliharaan, atau mengajaknya berkebun, biarkan juga ia mencoba mendaki gunung, menyusur sungai, berjalan di lumpur, diatas pasir, atau bertualang di kebun binatang.

Nah itulah 8 multiple intelligence atau Kecerdasan Majemuk Pada Buah Hati, Orang Tua Wajib Tahu!. Sudah mulai terbayangkan Bun anak kita paling menonjol di mana sih? dan apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendukung kecerdasannya? Semoga apa yang kita sampaikan tadi bisa ayah bunda terapkan ke anak kita yaa. Dan semoga bermanfaat ayah bunda.

Baca Juga : 5 Kesalahan Orang Tua Ketika Mendidik Anak

Jika ayah dan bunda sedang mencari jasa les privat untuk perkembangan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Creya Edu menyediakan jasa layanan les privat calistung untuk buah hati anda. Dengan tutor atau guru pengajar yang professional. Tersedia bonus free starter kit dan juga promo diskon 10% untuk kelas online, berlaku untuk semua program!

Artikel Terkait :  Belajar Baca, Berhitung dan Mengenal Benda Untuk Usia Dini

Ayah dan bunda bisa mengunjungi website >> Creya Edu Les Privat Calistung

Atau hubungi admin via Whatsapp disini >> 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️