Les Privat Creya Edu

Manfaat Bonding Untuk Ibu dan Anak serta Cara Menerapkannya

Bonding

Manfaat Bonding Untuk Ibu dan Anak serta Cara Menerapkannya – Saat memiliki anak, ada banyak tanggung jawab yang harus ditanggung sebagai orang tua. Salah satu tanggung jawab orang tua adalah menciptakan bonding atau ikatan dengan anak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Iowa menemukan bahwa anak-anak yang mengembangkan ikatan dekat dengan setidaknya satu orang tua memiliki lebih sedikit masalah emosi dan perilaku selama masa kanak-kanak.

Anak-anak ini cenderung memiliki masalah perilaku seperti agresi atau masalah emosional dan perilaku lainnya ketika mereka mencapai usia sekolah, termasuk melanggar peraturan atau bergumul dengan kesedihan atau kecemasan.

Ikatan yang kuat ini tidak hanya baik untuk perkembangan anak, tetapi juga baik bagi orang tua untuk memungkinkan pemulihan hubungan emosional. Sayangnya, tak sedikit orang tua yang masih bingung bagaimana cara bonding dengan anak. Jadi kita harus mengenal dulu nih apa arti dari bonding? Berikut ini definisi, manfaat, cara serta benda yang dapat menunjang kegiatan saat melakukan bonding antara ibu dan anak.

Artikel Terkait :  7 Pertanda Anak Jadi Korban Bullying dan Solusi Untuk Mengatasinya

Apa Itu Bonding?

Bonding dalam parenting adalah proses emosional yang terjadi antara orang tua dan anak. Ini merupakan hubungan emosional yang kuat yang dibentuk melalui interaksi dan komunikasi yang terus menerus dengan anak.

Bonding juga dapat terjadi melalui aktivitas fisik, seperti memberi makan, mengganti popok, dan memeluk anak.

Bonding dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan keamanan anak, serta membantu mengembangkan kemampuan emosional dan sosial mereka. Orang tua yang terikat dengan anak mereka juga lebih mungkin untuk memahami dan merespons kebutuhan emosional anak dengan lebih baik.

Bonding dapat terjadi secara alami setelah kelahiran anak, tetapi juga dapat dipromosikan melalui interaksi yang sengaja dengan anak. Beberapa cara orangtua dapat mempromosikan bonding dengan anak adalah dengan memberikan respons cepat terhadap kebutuhan anak, memberikan pujian dan dukungan, dan meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan anak secara sengaja.

manfaat bonding

Manfaat Melakukan Bonding

Bonding merupakan bagian penting dari proses parenting karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan keamanan anak, serta membantu mengembangkan kemampuan emosional dan sosial mereka. Bonding juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada anak, serta membantu meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.

Selain itu, bonding juga dapat membantu orangtua untuk lebih memahami dan merespons kebutuhan emosional anak dengan lebih baik. Orangtua yang terikat dengan anak mereka cenderung lebih peduli terhadap kebutuhan dan perasaan anak, dan lebih mungkin untuk membantu mengembangkan kemampuan emosional anak.

Bonding juga dapat membantu meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak, yang dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi perkembangan anak. Karena itu, bonding merupakan bagian penting dari proses parenting yang perlu diperhatikan dan dikembangkan oleh orangtua.

Berikut ini adalah beberapa tips ketika melakukan bonding orang tua dengan anak.

Artikel Terkait :  Apa Itu Bullying, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips Melakukan Bonding

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam melakukan bonding dengan anak:

1. Fokus pada kebutuhan emosional anak
Usahakan untuk memahami dan merespons kebutuhan emosional anak dengan tepat, seperti menunjukkan empati dan mendukung perasaan mereka.

2. Luangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan anak
Carilah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak, seperti bermain di taman atau memasak bersama.

3. Berikan pujian dan dukungan
Memberikan pujian terhadap keberhasilan anak dan dukungan dalam usahanya untuk belajar dan mengembangkan kemampuan baru dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

4. Berikan ciuman, pelukan, dan sentuhan fisik lainnya
Sentuhan fisik seperti ciuman dan pelukan dapat menunjukkan kasih sayang dan membantu meningkatkan kepercayaan dan keamanan anak.

5. Jadikan bonding sebagai bagian dari rutinitas keluarga
Carilah cara untuk memasukkan bonding ke dalam rutinitas keluarga sehari-hari, seperti meluangkan waktu setiap malam untuk membaca bersama atau memasak makanan bersama.

6. Bersikap terbuka dan jujur
Jadilah orangtua yang terbuka dan jujur dengan anak, sehingga mereka merasa nyaman untuk berbagi perasaan dan pikiran mereka dengan Anda.

7. Menjadi contoh yang baik
Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan menunjukkan sikap yang positif dan menghargai perasaan dan kebutuhan orang lain.

8. Jangan lupa untuk menikmati waktu bersama
Jangan terlalu terfokus pada tujuan bonding, sehingga lupa untuk menikmati waktu bersama anak. Selalu ingat bahwa bonding adalah tentang membangun hubungan emosional yang kuat dengan anak, bukan hanya tentang menyelesaikan tugas atau aktivitas tertentu.

Artikel Terkait :  Dampak Gadget Pada Anak : Efek Negatif, Durasi Ideal Hingga Solusi Terbaik

bonding

Benda Yang Dapat Menunjang Proses Bonding

Ternyata ada loh beberapa benda berikut ini yang bisa membantu orang tua melakukan bonding kepada anak. Ada apa saja sih? Berikut adalah beberapa benda yang bisa digunakan saat melakukan bonding dengan anak:

1. Buku cerita
Membaca buku cerita bersama anak dapat membantu mengembangkan kemampuan membaca dan menciptakan kesempatan untuk berinteraksi dengan anak.

2. Puzzle atau permainan kartu
Permainan seperti puzzle atau kartu dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak, serta membantu meningkatkan kemampuan logika dan problem-solving mereka.

3. Alat musik
Bermain alat musik bersama anak dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, serta membantu meningkatkan kemampuan seni dan kreativitas mereka.

4. Alat olahraga
Bermain olahraga bersama anak dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, serta membantu meningkatkan kesehatan fisik mereka.

5. Permainan konstruksi
Bermain dengan set permainan konstruksi seperti LEGO dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, serta membantu meningkatkan kemampuan kreativitas dan problem-solving anak.

6. Mainan tradisional
Bermain dengan mainan tradisional seperti boneka atau kereta dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, serta membantu meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreativitas anak.

7. Mainan edukatif
Mainan edukatif seperti puzzle atau permainan sederhana yang mengajarkan konsep matematika atau ilmu pengetahuan dasar dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, serta membantu meningkatkan kemampuan belajar anak. Orang tua juga bisa mencoba kelas privat di Creya Edu. Coba sekarang Les Privat Calistung, dengan metode yang interaktif dan guru yang ahli dibidangnya. Daftar sekarang kunjungi website www.creya.co.id atau hubungi admin via Whatsapp 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️