Les Privat Creya Edu

Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini. – Salah satu dari banyak hal yang membantu mendukung sebuah kesuksesan buah hati saat proses tumbuh kembangnya ialah karena mempunyai kemampuan motorik halus yang baik. Maka sebab itu dibutuhkan aktivitas atau kegiatan yang bisa merangsang keterampilan motorik halus buah hati. Supaya otot mata hingga tangannya bisa berkoordinasi dengan baik. Tetapi seiring berkembangnya teknologi banyak buah hati yang telah menjadi anak generasi touchscreen padahal terbisa tiga keterampilan yang harus dimiliki buah hati agar ia berhasil di sekolah diantaranya keterampilan graphomotor, keterampilan pelacakan mata, dan keterampilan motorik halus. Berikut ini adalah 7 aktivitas yang bisa mengajarkan kepada buah hati untuk bisa merangsang kemampuan motorik halus buah hati sejak dini.

1. Menyediakan Kertas

Aktivitas yang bagus untuk melatih jari-jari otot tangan ialah dengan menyediakan kertas. Sediakanlah kertas bekas yang ada di rumah Bunda, setelah itu ajaklah buah hati untuk memegangnya 1 buah dan bunda ajarkan buah hati untuk meremasnya, setelah itu bunda buka kembali dan pertama kali yang harus Bunda ajarkan ialah mengajak buah hati untuk merobek kertas, robeklah dengan ukuran besar lalu berlanjut hingga potongan-potongan yang terkecil. Setelah menjadi potongan-potongan yang kecil bunda sediakan sebuah wadah yang berisi air dan masukkan potongan-potongan kecil kertas ini dalam air tersebut. Setelah itu ajak buah hati untuk meremas kertas yang ada di air tersebut.

 

Baca juga : 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dan Diajarkan Kepada Anak Umur 3 Tahun.

 

2. Menggunting

Aktivitas yang bisa merangsang motorik halus buah hati ialah menggunting. Aktivitas ini bisa melatih kemampuan otot tangan buah hati. Selain itu aktivitas menggunting bisa melatih kemampuan motorik visual buah hati serta membantu buah hati untuk mengenal arah dan membantu buah hati untuk dapat melatih jarinya supaya bisa bergerak secara mandiri. Selain itu bisa membantu buah hati untuk dapat tetap fokus dan konsentrasi ketika ia menggunting. Bunda tak perlu khawatir ketika Bunda memberikan sebuah gunting yang tajam pada buah hati, cukup berikanlah pemahaman kepada buah hati bahwa ia akan belajar menggunting ketika ia sedang berada ataupun sedang bersama orang dewasa. Selain itu berikanlah pemahaman kepada buah hati bahwa gunting hanya digunakan untuk memotong kertas.

Artikel Terkait :  Cara Mengatasi Anak Malas Belajar, 5 Cara Ini Dijamin Manjur!

Dan sedikit tips yang ingin kita berikan untuk mengajarkan menggunting kepada buah hati ialah sediakan kertas yang sudah diberi garis-garis pendek. Tujuannya agar buah hati ketika belajar menggunting pertama kali, buah hati menggunting dengan satu kali guntingan. Setelah buah hati sudah menguasai bunda bisa melanjutkan dengan ukuran kertas yang lebih besar, dengan cara Bunda melatih buah hati menggunting dari garis lurus, setelah itu ajarkan buah hati menggunting garis zig-zag dilanjutkan menggunting garis lengkung. Setelah buah hati menguasai hal itu Anda bisa mengajak buah hati menggunting hal-hal ataupun model gambar lainnya.

3. Finger painting (Melukis Dengan Jari)

Tips Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

Tahukah Bunda finger painting itu, fingerprint ialah kegiatan melukis sebuah lukisan dengan mengggunakan jari. Hal ini banyak sekali manfaatnya yang bisa merangsang kemampuan motorik halus buah hati. Misalnya saja buah hati akan belajar pencampuran warna, setelah itu bisa melatih anak koordinasi antara mata dan juga tangan, terakhir bisa melatih otot jari serta tangannya.

4. Bermain Plastisin (Lilin Mainan)

Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini

Dengan sebuah mainan adonan yang lembut. Hal ini dapat juga melatih kemampuan motorik buah hati yaitu buah hati bisa mengenal tekstur dari adonan tersebut dengan indera peraba nya. Selain itu dengan bermain playdoh bisa melatih kemampuan motorik buah hati. Seperti ketika ia mencubit adonan atau membuat bentuk dari adonan tersebut.

5. Mengancing

Kegiatan memasukkan dan mengeluarkan kancing akan membuat buah hati secara tidak langsung tertangkap untuk melakukan kegiatan itu. Melalui kegiatan mengancing secara tidak langsung gerakan otot jari sang buah hati akan terlatih. Selain itu koordinasi antara mata dan juga tangan menjadi lebih terlatih.

 

Baca juga : Cara Mengajarkan Berhitung Penjumlahan ke Anak Dengan Metode yang Lebih Efektif dan Menyenangkan.

 

Artikel Terkait :  Perbedaan Kursus, Bimbel dan Les Privat

6. Mengutip

Melatih Motorik Halus Anak

Mengutip atau pun memungut benda-benda satu persatu dengan jarinya bisa merangsang kemampuan motorik halus buah hati dengan baik. Khususnya bisa membantu buah hati untuk memperhalus gerakan menjepit dengan otot-otot jarinya. Hal ini juga termasuk ke dalam persiapan buah hati ketika buah hati belajar menulis, buah hati harus bisa menjepit pensil dengan jari-jari tangannya.

7. Mewarnai

Tips Melatih Motorik Halus Anak

Siapa sih anak yang tidak suka mewarnai? Ketika buah hati melihat beragam warna pada hadapannya, maka untuk kegiatan mewarnai ini kita harapkan buah hati bisa menggenggam alat-alat mewarnai, seperti spidol, crayon, ataupun pensil warna. Kemudian ketika buah hati mewarnai dengan alat mewarnai yang kita harapkan buah hati menggunakan pergelangan tangannya. Yang bergerak pergelangan tangannya saja ya bun karena kadang yang bergerak bukan hanya tangannya bahkan hingga badannya maka dari itu Perhatikan dengan baik ya Bun, semoga buah hati menggerakkan pergelangan tangannya dan menggenggam alat mewarnai ini dengan kuat. Jika Bunda mengajarkan hal ini secara terus-menerus maka keterampilan motorik buah hati menjadi lebih kuat. Selain itu dengan Kegiatan mewarnai bisa melatih imajinasi serta koordinasi antara mata dan tangan buah hati. Itulah 7 aktivitas yang bisa melatih motorik halus buah hati semoga bisa bermanfaat bagi ayah bunda ya.

Jika ayah dan bunda sedang mencari pengajar privat calistung untuk anak yang dapat membantu perkembangan motorik sang anak. Creya Edu menyediakan jasa layanan Les Privat Calistung untuk anak usia balita hingga ketika sudah memasuki sekolah

Tunggu apalagi? Daftar sekarang >> Les Privat Calistung

Atau untuk info lebih lanjut, Whatsapp : 0878 8216 4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️