Les Privat Creya Edu

Tips Menghadapi Anak Kinestetik

Tips Menghadapi Anak Kinestetik

Tips Menghadapi Anak Kinestetik – Sebelumnya ayah dan bunda apakah sudah mengetahui apa yang di maksud dengan kinestetik ini? Kinestetik ini adalah 1 dari 3 gaya belajar umum yang biasa diterapkan. 2 gaya belajar lainnya adalah gaya belajar visual dan auditori. Jadi, ini adalah cara mengatasi anak yang kinestetiknya tinggi atau anak yang sangat aktif sekali.

Berikut penjelasan detailnya, simak sampai habis ya ayah dan bunda.

Pola Asuh Yang Benar

Pada poin pertama ini pola asuh anak kinestetik gerak yang pertama adalah jangan ada kekangan dari larangan- larangan yang ada. Itu sebenarnya akan menghambat dia. Yang mana kinestetik gerak itu adalah pemberian tuhan yang sudah ada pada diri sang anak, yang harus anak keluarkan, yang harus mereka ekspresikan. Terus apa salahnya mereka mengekspresikan apa yang sudah di anugrahkan tuhan pada mereka? Jadi kita tidak perlu banyak larangan, kita tidak perlu banyak aturan kepada orang yang kinestetik tinggi, selagi itu tidak berbahaya, biarlah mereka mengespresikan apa yang seharusnya dia eskpresikan, mereka cerdas kok, mereka pandai kok.

Kalau anak kita memiliki kinestetik yang tinggi, mereka beda dengan anak yang duduk manis dan diam. Bisa jadi yang duduk manis dan diam bisa jadi mereka yang hanya duduk manis itu mendengarkan, dia tidak mempunyai kinestetik gerak, jadi ketika kelelahan, nanti badannya akan panas, dan sebagainya.

Karena biasanya orang yang memiliki kinestetik memiliki kekebalan tubuh yang kuat juga.

| Baca Juga :

Over Parenting, Orang Tua Wajib Hati-Hati

Jangan Membentak Anak

Sebenarnya membentak anak itu tidak hanya untuk anak yang berkinestetik, tetapi untuk anak kinestetik itu kebanyakan mereka marah, kemudian orangtuanya malah balik marah- marah yang tidak jelas ke dia, padahal dia hanya mengekspresikan yang seharusnya di ekspresikan, mereka saat di suruh diam duduk manis ya tentu saja tidak bisa. Jadi jangan sampai membentak mereka karena akan mempengaruhi mental mereka, dan kalau mental mereka sudah terluka atau tersakiti nanti untuk menyembuhkannya butuh proses dan waktu yang tidak singkat.

| Baca Juga :

Cara Membawakan Dongeng Untuk Anak

Gaya Belajar Yang Pas

Untuk anak kinestetik sendiri, mereka belajar memang tidak bisa sambil duduk manis layaknya anak yang gaya belajarnya visual, yang bisa duduk manis, mendengarkan ataupun melihat dan membaca dia sudah paham.

Artikel Terkait :  Anak Kesulitan Belajar Menulis? Yuk Terapi Pakai Cara Ini

Anak kinestetik sendiri belajar dengan praktek atau dengan gerakan, anak kinestetik ini tidak harus belajar dengan duduk manis, diam, dan berkonsentrasi. Dia bisa berhitung sambil lari- lari. Kemudian jika anda sedang mengepel lantai, ajak saja anak kinestetik, pasti dia akan senang dan suka. Dan di situ kita juga bisa mengawasinya, kita bisa menyelesaikan pekerjaan, ngepel sambil berhitung, ngepel sambil menghafal. Ini juga butuh ekstra tenaga untuk anak kinestetik, kita tidak bisa menjadikan anak kinestetik itu sebagai anak yang duduk manis dan diam, itu akan mengekang mereka dan itu tidak akan bagus untuk kegiatan belajarnya, biarkan mereka meng-ekspresikan.

Misalkan dia masih balita ajak saja dia sambil lompat- lompat, sambil menghafal, sambil belajar, sambil menghitung, menggunakan gerakan atau praktek. Dia akan senang sekali dan tidak akan stress, dan mereka pun bisa konsentrasi dengan lari- lari, itulah hebatnya anak kinestetik. Karena jika misalkan dia hanya di paksa duduk manis, konsentrasinya pun tidak akan bisa maksimal.

| Baca Juga :

Apa Itu Matematika? Apa Gunanya di Hidup Kita?

Ketika di kelas bagaimana? Di kelas kan formal, dan anaknya akan lari- lari sampai gurunya marah. Kita harus tetap memberi pengertian dengan se-sederhana mungkin dan dengan bahasa anak itu sendiri agar mereka paham. Jangan dengan bahasa yang sulit mereka mengerti atau dengan kata- kata yang banyak, karena mereka tidak akan paham. Nah, kalau dia sudah paham dengan kata- kata pengertian kita tadi, dia akan bisa menempatkan dirinya dimana dia boleh banyak bergerak, dimana dia boleh mengekspresikan kinestetiknya, dan dimana dia tidak boleh, seperti itu.

Nah kurang lebih seperti itulah Tips Menghadapi Anak Kinestetik. Jika ayah dan bunda sedang mencari jasa les privat untuk perkembangan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Creya Edu menyediakan jasa layanan les privat calistung untuk buah hati anda. Dengan tutor atau guru pengajar yang professional. Tersedia bonus free starter kit dan juga promo diskon 10% untuk kelas online, berlaku untuk semua program!

Artikel Terkait :  7 Pertanda Anak Jadi Korban Bullying dan Solusi Untuk Mengatasinya

Ayah dan bunda bisa mengunjungi website >> Les Privat Calistung

Atau hubungi admin via Whatsapp disini >> 0878-8216-4762

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️