Les Privat Creya Edu

8 Cara Mengenali Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Cara Mengenali Potensi Diri

Berdasarkan KBBI Daring Kemdikbud, potensi merupakan kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Hampir setiap manusia memiliki potensi di dalam dirinya masing – masing. Tapi seringnya mereka tidak menyadarinya. Termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Padahal, jika kamu berhasil mengenali potensimu serta terus mengasahnya dengan cara yang benar, kamu bisa mencapai level terbaik. Sayangnya, hal tersebut (mengenali potensi diri) tidak mudah. Terbukti hanya segelintir orang saja yang bisa melakukannya. Namun sepanjang kamu terus berusaha, kamu memiliki peluang besar untuk mewujudkannya.

Nah, di artikel berikut ini, kami akan membahas tentang cara mengenali potensi diri dan mengembangkannya.

 

Cara Mengenali Potensi Diri Dan Mengembangkannya

 

1. Berdiskusi Dengan Orang Terdekat

Cara mengenali potensi diri yang pertama adalah berdiskusi dengan orang – orang terdekatmu. Mulai dari keluarga, kerabat, atau teman dekat. Karena ketimbang orang lain, mereka lebih memahami tentang dirimu. Termasuk kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Kamu bisa berdiskusi dengan mereka, dan meminta bantuan mereka untuk melihat potensi yang kamu miliki. Dari sini kamu akan menerima banyak masukan berharga yang sangat bermanfaat untuk perkembangan dirimu. Bahkan bisa jadi kamu akan mengetahui hal – hal yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

2. Mengerjakan Passion

Cara mengenali potensi diri berikutnya adalah mengerjakan passion yang kamu miliki. Sekedar informasi, passion tidak sama dengan hobi.

Dilansir dari indeed, passion adalah aktivitas yang membuatmu termotivasi. Sedangkan hobi adalah kegiatan yang kamu lakukan di waktu luang untuk bersenang – senang.

Ringkasnya, passion bisa berdampak terhadap orang – orang di sekitarmu. Sedangkan hobi lebih fokus pada dirimu sendiri. Penting untuk diperhatikan, kamu sebaiknya tidak langsung meninggalkan pekerjaan utamamu ketika ingin mengerjakan passion. Karena banyak orang yang tetap bisa mengerjakan passionnya sambil bekerja. Ketika kamu sudah yakin bahwa potensimu adalah di passion tersebut, kamu boleh fokus 100% untuk mengerjakannya.

Artikel Terkait :  Kecerdasan Majemuk Pada Buah Hati, Orang Tua Wajib Tahu!

 

| Baca Juga : 

Cara Menghafal Lebih Cepat Dan Efektif

 

 3. Mengenal Kemampuan Diri Sendiri

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, kemungkinan besar kamu memiliki potensi (kelebihan) yang tidak kamu sadari. Bersamaan dengan kelebihan tersebut, kamu juga pastinya memiliki kekurangan. Karena seperti itulah fitrah manusia. Hal terpenting di sini adalah, kamu harus bisa mengetahui kemampuan dirimu sendiri. Abaikan sementara kekuranganmu dan fokuslah pada kelebihanmu. Ada kemungkinan bahwa kelebihan ini merupakan potensi tersembunyi di dalam dirimu.

Tips:

Kamu bisa mengingat beberapa aktivitas yang pernah kamu kerjakan dan berhasil mendapatkan penghargaan. Atau paling tidak mendapatkan pujian dari orang – orang di sekitarmu.

 4. Mengerjakan Hal – Hal Baru

Cara mengenali potensi diri berikutnya adalah mengerjakan hal – hal baru. Bisa jadi kamu tidak memiliki orang terdekat untuk dimintai pendapat, serta belum mengetahui passion, kelebihan, dan kekurangan yang kamu miliki. Jika kondisinya seperti ini, jangan khawatir. Karena kamu bisa melakukan cara lain untuk mengenali potensi dirimu. Yakni dengan mengerjakan hal – hal baru. Karena terkadang, kamu tidak akan mengetahui apakah kamu menyukai atau menguasai aktivitas tertentu, sampai kamu benar – benar mengerjakannya.

5. Memperluas Wawasan

Jika kamu memiliki wawasan yang luas, kamu akan relatif lebih mudah untuk menilai sesuatu. Termasuk mengenali potensi dirimu. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas wawasan adalah banyak membaca, mendengar, dan bersosialisasi dengan orang – orang yang positif. Kabar baiknya, di era serba digital seperti sekarang ini, kamu sudah sangat terbantu dengan kehadiran teknologi internet. Melalui internet, kamu bisa mendapatkan banyak informasi penting dari seluruh dunia, yang akan membantu memperluas wawasanmu.

Artikel Terkait :  Cara Membawakan Dongeng Untuk Anak

 

| Baca Juga : 

Discovery Learning, Metode Belajar Yang Mengasah Kreativitas Siswa

 

 6. Mengikuti Uji Potensi Diri

Sesuai namanya, uji potensi diri merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui potensi diri seseorang. Pada umumnya, tes ini adalah tes psikologi yang terdiri tes gaya belajar, komunikasi, hingga Bahasa Inggris. Melalui uji potensi diri, kamu akan mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki. Kalau kamu ingin mengikuti tes ini, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut melalui internet. Tapi biasanya, kamu harus mengalokasikan sejumlah uang untuk bisa mengikuti tes ini.

 7. Mengikuti Les Privat

Cara berikutnya adalah mengikuti Les Privat di Creya Edu.

Creya Edu menyediakan bimbingan privat untuk TK/Calistung, SD, SMP, SMA, Mahasiswa & Karyawan.

Keunggulan:

  • Menggunakan bahasa pengantar bilingual (Inggris & Indonesia).
  • Bisa memilih tenaga pengajar berdasarkan kebutuhan.
  • Bisa mengatur jadwal belajar yang kalian inginkan.
  • Bisa memilih lokasi belajar di 5 cabang.

Dengan mengikuti bimbingan privat di Creya Edu, kamu bisa lebih nyaman dan fokus dalam belajar, sehingga akan membantumu untuk mengenali potensi diri.

 

| Baca Juga :

Mengapa Anak Suka Berbohong

 

 8. Tidak Takut Gagal

Cara mengenali potensi diri yang terakhir adalah tidak takut akan kegagalan. Karena peluang terjadinya kegagalan itu selalu ada. Terpenting, kamu harus memiliki strategi yang matang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Setelah itu, kamu harus terus melangkah, yakni mencari dan melakukan berbagai cara untuk mengenali potensi dirimu.

 

Penutup

Setelah kamu berhasil mengenali potensi dirimu, jangan langsung berpuas diri. Karena hal ini masih merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan.

Langkah berikutnya, kamu harus terus mengasah potensi tersebut sampai berhasil mencapai level terbaik. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti training atau workshop yang berkaitan dengannya.

Artikel Terkait :  5 Kelebihan Dan Kekurangan Belajar Daring Atau Online

Daftar Isi

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Sekarang!
1
Scan the code
Halo, terima kasih telah mengunjungi website Creya Edu. Ada yang bisa kami bantu? ☺️